Selasa, 05 April 2011

Djokovic dan Status Tak Terkalahkan


Sejak beberapa tahun lalu, Novak Djokovic, bersama Andy Murray telah disebut-sebut sebagai calon pengganggu keperkasaan rivalitas Roger Federer-Rafael Nadal. Namun tahun berganti tahun, baru pada 2011 inilah Djokovic benar-benar menunjukkan aksinya.
Melihat rekam jejak Djokovic di tahun 2011 ini, siapapun pasti setuju bahwa Djokovic sudah mengalami peningkatan level dari sekedar pengganggu rivalitas Nadal-Federer menjadi perusak. Bagaimana tidak, ia mampu tampil sempurna dengan tidak pernah kalah di tiga bulan pertama di tahun 2011 ini. Dia tak terkalahkan di 26 partai dan merebut Australia Terbuka, ATP Dubai, Indian Wells Masters, dan Miami Masters. Borongan gelar ini sendiri membuat Federer dan Nadal menjadi hampa gelar sepanjang ini.
Dengan kemampuan superiornya, apakah tahun 2011 ini akan menjadi milik Djokovic ? Memang hampir mustahil untuk tidak terkalahkan sepanjang tahun, namun untuk bisa mendominasi tahun 2011 seperti yang dilakukan Nadal di tahun 2008 dan 2010 serta Federer pada 2009, 2007, dan tahun-tahun sebelumnya, peluang Djokovic untuk melakukan itu sangat terbuka.
Namun sebelum Djokovic berpikir mampu untuk melakukannya, ia akan mendapati tantangan berat tak lama lagi. Ya, seri ATP sebentar lagi akan memasuki seri lapangan tanah liat, lapangan yang selama ini identik dengan sosok Nadal.
Djokovic memang memiliki sedikit rekam jejak juara di lapangan tanah liat seperti pada Roma Masters 2008 ini. Namun secara keseluruhan, Djokovic hanyalah ‘batu kerikil’ jika dibandingkan oleh Nadal di lapangan tanah liat. Ya, Djokovic hanya meraih empat titel di lapangan tanah liat dimana tiga lainnya adalah turnamen kelas ATP World Tour 250 Series yang merupakan turnamen kasta keempat.
Bandingkan torehan tersebut dengan rekor Nadal. Tidak perlu mengambil waktu lama, cukup menilik ke rekor tahun lalu, dimana Nadal menyapu bersih gelar di Monte Carlo, Roma, dan Madrid Masters, plus menjadi yang terbaik di grand slam Prancis Terbuka.
Jadi jika memang Djokovic benar-benar menguasai musim ini, indikatornya akan lebih terpenuhi andai dirinya mampu setidaknya mengganggu dominasi Nadal di seri lapangan tanah liat tahun ini. Karena apa yang dilakukan Djokovic di seri lapangan jenis hard court awal tahun ini, bukanlah sesuatu yang begitu istimewa mengingat hard court adalah jenis lapangan yang paling dikuasai oleh Djokovic sejauh ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar